Semesta

Entah hal apa yang merasuki jiwaku. Setaktahudirinya aku sampai berani mengagumimu. Aku tahu bahwa ada banyak makhluk yang kini telah menjadikanmu langit mereka. Namun bagiku, kamu bukanlah langit yang harus dijunjung tinggi, kamu semesta. Semesta yang berisi imaji tentang keindahan dirimu sendiri. Semesta yang kupadati oleh sejuta harapan, juga sejuta ketahudirian.

Aku mengakui, bahwa aku hanyalah aku, dan kamu adalah luar biasanya kamu. Seberapapun aku ingin menjadi bagian di dalammu, pada akhirnya aku hanya akan tertiban oleh harapanku sendiri. Betapapun aku mendambamu, aku sudah tahu bahwa tak selamanya aku sanggup memanggul harapanku. Jangankan untuk itu, memandunya saja pun tak tahu kemana aku harus mengadu.

Aku kerdil, namun imajiku tentangmu tak pernah kecil. Aku payah, namun doaku untukmu tak pernah patah.

Kamu, semestaku, tempat menaruh harapan dan kehilangan harapan.

Kamu, semestaku, tempat menyimpan rasa dan memusnahkan rasa.

Kamulah yang mengajari rasa mengagumi dengan cara yang paling tahu diri.

Kamulah yang membawa keindahan tanpa perlu kemewahan.

Aku tak pernah sebegininya mengurai teka-teki, namun tersadar, kamulah mimpi terbesar yang tengah kurangkai.

Aku tak pernah serepot ini menaruh asa, namun karenamu, kutata tangga agar bisa menitipkan rasa pada angkasa.

Diriku memang tak sebesar mereka yang dengan mudah menggapaimu, tapi kamu harus tahu, bahwa langkahku selalu berusaha menuju ke arahmu, hatiku selalu menerka sedang di mana kamu berada, dan pikiranku selalu bergerumul menjadi satu tiap kusebut namamu.

Kamu berlari, dengan senang hati aku mengimbangi, meski sebenarnya hanya bayangku yang mengiringi.

Kamu tertawa, dengan suka cita aku ikut ceria, meski tak pernah kautahu ada bahagiamu di balik bahagiaku.

Tetaplah di situ, tetaplah begitu. Meskipun rapuh, kuyakini semestaku padamu diciptakan bukan untuk runtuh.

[November, 2016]

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

Up ↑

